Departement Kerohanian Sosial

BAKTI SOSIAL ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA KREASI DAN INOVASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

BSAP (Bakti Sosial Alat Peraga), program kegiatan go to school dari HMP Matematika STKIP PGRI Jombang, sebagai sarana untuk membantu siswa dalam pemahaman materi pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk memberikan pengajaran kepada murid yang bertujuan agar siswa mampu mempelari sesuatu materi dengan lebih efektif serta efisien. Matematika sering disalah artikan menjadi mata pelajaran tersulit, dengan adanya alat peraga dapat belajar dengan bermain maupun bersenang senang. Oleh karena itu, dengan menggunakan alat peraga siswa dengan mudah menerima materi matematika yang diberikan oleh guru.

Kekurang kreatifan menjadi hal menurunya semangat belajar siswa. Kita ketahui siswa kurang berminat dalam pembelajaran matematika dan juga acuh dengan mata pelajaran matematika.

Hal ini yang mendasari HMP Matematika sebagai salah satu Organisasi Mahasiswa dibawah naungan STKIP PGRI Jombang untuk mengadakan BSAP (Bakti Sosial Alat Peraga) untuk siswa sekolah dasar di SDN Lolawang Gugus IV desa Lolawang kec.Ngoro kab.Mojokerto, sabtu(12/5) lalu.

Rincian kegiatan antara lain pembukaan ini dimulai pukul 10.00 dengan sambutan oleh oleh ketua Gugus IV, Samsuri, S.Pd dan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika , Ir. Slamet Boediono. M.Si. pukul 10.40 – 12.00 dilanjut dengan penyampaian materi alat peraga oleh 6 mahasiswa dari HMP Matematika STKIP PGRI Jombang. Materi diantaranya adalah Kotak Buta Hirung, Monopoli Klabu, Termometer Papa, Gedung PKB, Kubangan, dan Mobil Sop Labu.

“Kegiatan KKG merupakan kegiatan rutin setiap bulan di SDN Gugus IV, dan saat ini bertepatan di SDN Lolawang kita kedatangan tamu dari STKIP PGRI Jombang untuk memberi materi. semoga materi yang diberikan nanti dapat menambah ilmu untuk kita sampaikan kepada anak didik kami,” sekilas cuplikan sambutan oleh Ketua Gugus IV, Samsuri, S.Pd. saat acara KKG di SDN Lolawang kec.Ngoro kab.Mojokerto.

Peserta kegiatan dalam bakti sosial alat peraga ini merupakan penerima bantuan alat peraga dari pihak HMP pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang kepada KKG Gugus IV  yang meliputi SDN Sedati 1, SDN Sedati 2, SDN Purwojati 1,  SDN Purwojati 2, SDN Lolawang, SDN Kutogirang, SDN Srigading, SDN Kesemen di Kec.Ngoro Kab.Mojokerto, dengan total peserta 46 guru. Respon yang diterima guru sangat baik, diantaranya ikut membantu dan berpartisipasi dalam penggunaan alat peraga.

Dari diadakan kegiatan BSAP (Bakti Sosial Alat Peraga) go to school ini diharapkan siswa – siswi memjadi senang dan tertarik dalam menerima pembelajaran matematika melalui media alat peraga yang kita berikan.

Berbeda dengan zaman sekarang siswa lebih tertarik pada permainan gaejed, dan mengabaikan pelajaran. Kita buat sekreatif mungkin alat peraga agar menarik siswa dalam pembelajaran karena siswa lebih senang dalam bermain maka kita buat bermain sambal belajar.

Dalam upaya menumbuhkan semangat belajar melalui media pembelajaran yang kreatif dan menarik, perlu adanya media yang mendukung seperti alat peraga agar proses belajar tercapai dengan baikdan menumbuhkan karakter peserta didik. Karena siswa – siswi adalah penerus generasi generasi pemegang perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *