Departement Pengembangan Intelektual

MATEMATIKA YANG ASIK, SERU, DAN MENYENANGKAN

Klinik matematika merupakan salah satu program kerja dari HMP Matematika (biasa disebut dengan HIMATIKA) STKIP PGRI Jombang. Di dalam Himatika terdapat 4 Departemen, yaitu Departemen Pengembangan Intelektual (DPI), Departemen Pengembangan Laju Organisasi (DPLO), Departemen Pengembangan Minat Bakat (DPMB), dan Departemen Kerohanian Sosial (DKS). Klinik matematika salah satu proker DPI dari 3 proker DPI lainnya.

 

Klinik matematika adalah program kerja yang di dalamnya bertujuan untuk membantu teman-teman yang sulit dalam belajar matematika. Proker ini bisa dibilang seperti lembaga les pada umumnya, tetapi bedanya lembaga les ini dikelola langsung oleh mahasiswa matematika. Tutor/ tentornya pun langsung dari mahasiswa matematika. Les yang disediakan klinik matematika diantaranya bimbel dan les private. Selain itu, klinik matematika menerima kerjasama dengan sekolah, seperti ekstrakurikuler matematika, pembinaan olimpiade MIPA, dan kegiatan sekolah lain yang berhubungan dengan matematika.

 

Seperti yang sekarang ini, klinik matematika telah bekerjasama dengan MI Darussalam Badang. Di sekolah tersebut membutuhkan tentor untuk membina murid-murid MI Darussalam Badang olimpiade matematika dan IPA. Pembinaan yang dilaksanakan setiap hari sabtu jam 6 sampai jam 7 pagi ini sudah dimulai pada tanggal 4 Agustus 2018. Jumlah murid yang mengikuti pembinaan adalah 20 siswa yang diantaranya dari kelas 2 sampai kelas 6. Murid-murid yang dipilih oleh sekolah untuk ikut pembinaan ini sangat senang sekali sampai-sampai teman-temannya yang tidak dipilih melihat-lihat dari luar kelas. Tipe siswa-siswinya sangat beragam, dari yang pendiam, aktif, sampai yang sok tahu pun ada.

 

Manfaat dari klinik matematika ini sangatlah banyak, seperti belajar mengelola lembaga les sendiri, belajar membuka lapangan kerja sendiri, belajar mengajar sebelum PPL, belajar manajemen waktu dan uang, dan masih banyak lagi. Selain itu, klinik matematika berencana belajar menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran. Maksudnya agar kegiatan belajar tidak seperti itu-itu saja atau monoton. Di jaman milenial ini, dunia terasa lebih terbalik dari jaman sebelumnya. Sebagian besar siswa cenderung bosan dengan belajar yang guru hanya menerangkan di depan. Ini yang membuat klinik matematika berencana menggunakan alat peraga untuk menambah semangat belajar siswa.

Itulah klinik matematika salah satu proker DPI di Himatika STKIP PGRI Jombang. Yang terpenting dari klinik matematika menyampaikan kepada seluruh pengurus dan para tutor agar membuat matematika itu bukan menyeramkan, menakutkan ataupun sesuatu yang harus dihindari, tetapi matematika itu pelajaran yang asik, seru, dan menyenangkan. Karena klinik matematika percaya bahwa di jaman milenial ini sesuatu yang mustahil akan menjadi sesuatu yang mungkin kalau kita meyakini dan melakukannya dengan benar dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *