Departement Pengembangan Intelektual

MATCHAMP (Mathematics Championship) 2018

Pendidikan bagi manusia adalah suatu tahap dimana manusia belajar akan hal-hal yang belum  diketahui baik formal maupun non formal. Pendidikan sangatlah penting bagi manusia karena didalam menjalani hidup membutuhkan pengetahuan agar dapat bertahan didalam hiruk pikuknya kehidupan ini. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing secara global. Pendidikan dalam arti luas adalah proses yang berkaitan dengan upaya untuk mengembangkan pada diri seseorang tiga aspek dalam kehidupan yakni pandangan hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup.

Inti dari ketiga proses tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas kemampuan intelektual, moral dan sikap terhadap sesama manusia. Kualitas dapat terbentuk dengan adanya dorongan kuat dari individu untuk terus maju dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam kehidupan. Peningkatan kualitas tersebut bisa membuat mahasiswa aktif dalam berbagai hal baik kompetisi yang diselenggarakan pemerintah maupun ditingkat perguruan tinggi. Kemampuan dan kreativitas mahasiswa dalam bidang ilmu pengetahuan sangatlah pesat perkembangannya, terutama dalam hal bersaing. Bersaing disini mengarah ke suatu perlombaan dimana mahasiswa dapat berkompetisi untuk memperebutkan sesuatu hal yang dianggap baik bagi mereka. Kebutuhan akan bersaing sangat melekat pada diri mahasiswa, seperti halnya dalam perlombaan olimpiade matematika setingkat mahasiswa dalam satu program studi pendidikan matematika supaya mahasiswa mampu bersaing dengan mahasiswa baik dari perguruan tinggi, maupun negara lain. Untuk itu kami, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang mengadakan kegiatan khusus yakni olimpiade tingkat mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Jombang dengan nama MATCHAMP (Mathematics Championship).

MATCHAMP (Mathematics Championship) adalah suatu kegiatan olimpiade matematika yang diselenggarakan untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dengan batasan minimal semester 2 dan maksimal semester 6. Kegiatan ini merupakan suatu kompetisi yaitu kompetisi dalam bidang akademik khususnya pengetahuan tentang matematika. Sehingga dengan adanya kegiatan ini kemampuan matematika dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika bisa meningkat dan lebih baik dari sebelumnya. Karena sasaran kegiatan ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang sehingga MATHCHAM ini tidak hanya mengujikan kemampuan ilmu matematikanya saja, tetapi juga  kemampuan pengajaran matematika yang kelak akan digunakan sebagai bekal bagi calon pendidik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *